Harga Tiket Masuk Air Terjun Songgo Langit Jepara Terbaru

Menyebut Kota Jepara tentunya hal yang cepat melintas di benak kita adalah karimunjawa dan kota kelahiran R.A Kartini. Jika menyebutkan tempat wisata, maka yang terlintas mungkin adalah Taman Nasional KarimunJawa, pantai Teluk Awur, Pulau Panjang dan tentunya yang menjadi pokok bahasan kita saat ini yaitu air terjun Songgo Langit. Harga Tiket Masuk Air Terjun Songgo Langit Jepara Terbaru


Harga Tiket Masuk Air Terjun Songgo Langit Jepara Terbaru

Air terjun ini dinamakan Songgo Langit, karena jika dilihat dari bawah maka posisi tebingnya seolah – olah menyangga langit di atasnya. Air terjun ini memiliki ketinggian 80 meter dengan lebar 2 meter dan juga kolam air tempat jatuhnya air terjun dengan kedalaman 3 meter. Terdapat palung sedalam 8 meter yang beresiko tinggi dimana orang bisa terseret ke dalam palung tersebut.

Kisah Yang Melegenda Air Terjun Songgolangit Jepara

Konon kisah yang pernah terjadi di lokasi ini tidak terkait dengan nama songgo langit. Dahulu seorang perjaka asal desa Tunahan jatuh cinta kepada gadis asal Dukung Sumanding, Desa Blucu,Kecamatan Kembang. Mereka berdua akhirnya menikah dan tinggal bersama orang tua istrinya. Pada suatu hari terjadi kesalahpahaman antara si lelaki dengan ibu mertuanya yang akhirnya si suami membawa kabur istrinya di tengah malam menuju Desa Tunahan.

Dikarenakan jalan yang dilewati sangat gelap, membuat kendaraan yang mereka tumpangi terpeleset dan jatuh ke dalam jurang, yang kini dikenal sebagai lokasi tempat air terjun songgo langit ini. Dari kisah di atas warga sekitar percaya bahwa arwah suami istri tersebut saat ini menjadi penjaga di wilayah air terjun Songgo Langit ini. Mereka dipercaya menjaga keamanan dan kenyamanan para pengunjung di sana.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Songgo Langit Jepara Terbaru

Lokasi Dan Rute Menuju Air Terjun Songgo Langit Jepara

Air terjun ini berada di sisi bagian utara dari kota Jepara, tepatnya di Dukuh Ngelencer, Desa Bucu, Kecamatan Kembang, terletak kurang lebih 30 km dari pusat kota Jepara. Dari arah kota Jepara, anda bisa mengambil jalur ke arah utara menuju kabupaten Pati melewati kecamatan MIonggo, kecamatan Bangsri dan kecamatan Kembang.

Jarak dari Jepara ke kecamatan Kembang sekitar 20 km. Dari kecamatan kembang anda harus menuju ke arah Desa Cepogo melintasi hutan jati milik Perhutani kurang lebih 3 km, sampai anda menemukan pertigaan dengan papan petunjuk jalan menuju lokasi air terjun songgo langit ini. Dari sini perjalanan masih kurang sekitar 11 kilometer lagi menuju desa Bucu tempat air terjun ini berada.


Harga Tiket Masuk Air Terjun Songgo Langit Jepara Terbaru

Harga Tiket Masuk ke lokasi air terjun sekitar Rp. 1500 pada hari biasa mualai senin sampai dengan jumat dan Rp. 2000 pada hari sabtu, minggu dan libur Nasioanal. Tarif parkir untuk kendaraan roda dua sebesar Rp. 1500 dan untuk mobil sebesar Rp. 3000 sedangkan untuk bus sebesar Rp. 5000. Bagi anda yang menggunakan kendaraan umum, ongkos ojek umum dari pertigaan ke arah desa Cepogo sekitar Rp. 20.000 untuk sekali jalan.



Di sekitar area air terjun Songgo Langit ini terdapat beberapa fasilitas yang telah di sediakan pengelola untuk para pengunjung, seperti halnya toilet, warung makan, area parkir yang cukup luas dan beberapa fasilitas laninnya. Itulah sedikit ulasan mengenai air terjun Songgo Langit Jepara. Semoga bermanfaat

0 Response to "Harga Tiket Masuk Air Terjun Songgo Langit Jepara Terbaru"

Post a Comment