Harga Tiket Masuk Benteng Somba Opu Terbaru


Jalan – jalan ke tempat wisata di Kota Makassar yang terkenal dengan Ujung Pandang memang tidak pernah ada habisnya. Salah satu destinasi wisata di Sulawesi Selatan yang tidak boleh di lewatkan adalah bangunan tua yang menjadi saksi sejarah perjuangan rakyat kerajaan Gowa dalam menghadapi Belanda, Benteng Somba Opu.


Penasaran dengan Benteng Somba Opu, yuk simak

Benteng Somba Opu merupakan komplek yang di kelola oleh dinas pariwisata Pemda Kabupaten Gowa, kawasan ini terletak di Jalan Dg Tata, Kelurahan Benteng Somba Opu, Kecamatan Barombong. Lokasi benteng Somba Opu berdekatan dengan Universitas Negeri Makassar, benteng Somba Opu juga di bangun bersebelahan dengan sungai Je'ne Berang.

Jarak benteng ini dari pusat kota makassar sekitar 15 menit, sayangnya tidak ada akses transportasi umum yang menuju lokasi ini, untuk dapat mengakses daerah benteng ini dengan menggunakan jasa taksi atau ojek offline maupun online yang ada di kota makassar. Kawasan benteng ini cukup terkenal terlebih lagi setelah di bangun Gowa Discovery Park yang bisa di sebut dengan taman wisata dan taman burung yang di kelola Pemda Gowa sendiri.

Sejarah Benteng Somba Opu

Benteng Somba Opu merupakan salah satu dari beberapa benteng milik kerajaan Gowa yang pernah melindungi rakyat Gowa dari gempuran pasukan Spellman di tahun 1669. Sejarawan berkembangsaan dari Inggris, Wallace pernah mengatakan bahwa salah satu benteng yang paling sulit ditaklukan di Nusantara yaitu Benteng Somba Opu.

Benteng ini merupakan saksi sejarah perjuangan rakyat Kerajaan Gowa yang menyusahkan penjajah Belanda. Awalnya benteng ini dibangun oleh Raja Gowa ke – 9 yaitu Daeng Matanre Karaeng Tumapa'risi' Kallonna. Dibangun pada abad ke – 16, benteng ini mencerminkan kejayaan kerajaan Gowa yang pada saat itu merupakan salah satu pelabuhan yang ramai dikunjungi para pedagang dari seluruh penjuru Dunia.

Pada masa kejayaannya, Benteng ini menjadi pusat perdagangan rempah – rempah yang menyatukan pembeli dari bangsa Eropa dan pedagang dari kawasan Indonesia timur. Pada tahun 1669, benteng Somba Opu di luluh lantahkan oleh VOC milik yang dipimpin Belanda. Kondisinya di per parah dengan hempasan ombak pasang. Pada tahun 1980 benteng ini ditemukan kembali oleh beberapa sejarawan dan arkeolog dan 10 tahun kemudian diadakan pemugaran dan rekonstruksi pada bangunan benteng ini.

Harga Tiket Masuk Benteng Somba Opu Makassar

Sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah pariwisata di daerah Makassar, kini kawasan wisata Benteng Somba Opu dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik seperti Taman Hias, Taman Aneka satwa serta Wahana Wisata air Waterboom yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung lainnya.

Taman Air di Benteng yang biasa di sebut Gowa Discovery Park,  Harga tiket masuk Gowa Discovery Park untuk hari biasa Rp 85 ribu, sedangkan untuk hari Sabtu – Minggu atau Hari Libur akhir pekan menjadi Rp 100 ribu/ Orang. Namun bagi Anda yang hanya ingin menyaksikan Benteng Somba Opu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 2 Rupiah saja.

Itulah sedikit info mengenai Harga tiket masuk Benteng Somba Opu Makassar yang patut anda kunjungi jika berada di daerah Makassar, yang menampilkan sejarah sejak sebelum masa penjajahan belanda hingga 1980. Di dalamnya terdapat banyak sekali koleksi sejarah yang ada di Sulawesi Selatan dan sekitarnya. Semoga bermanfaat

0 Response to "Harga Tiket Masuk Benteng Somba Opu Terbaru"

Post a Comment