Harga Tiket Masuk Museum Kartini Jepara Terbaru

MuseumR.A. Kartini merupakan museum yang terletak di Jl. alun – alun no.1 Desa Panggang, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Museum ini didirikan pada tanggal 30 Maret 1975 pada masa pemerintahan Bupati jepara Soemarno Djojomardowo, sementara peresmiannya dilakukan pada 21 April 1977 pada masa pemerintahan Bupati Soedikto.Harga Tiket Masuk Museum Kartini Jepara Terbaru


Harga Tiket Masuk Museum Kartini Jepara Terbaru

Museum ini terdiri dari 3 buah gedung yang dibangun di atas area seluas 5.210 m2, yang apabila di lihat dari atas gedung – gedung ini berbentuk sebuah huruf K,T, danN yang merupakan singkatan dari nama Kartini. Bangunan museum kartini berada dekat dengan Pendopo Kabupaten dan alun – alun dengan harapan akan lebih banyak menarik minat masyarakat maupun wisatawan yang sedang bersinggah di kota jepara.

Luas bangunan museum ini kurang lebih 890 meter yang terdiri dari tiga bagian gedung.
Gedung K seluas 590 meter persegi, Gedung T seluas 130 meter persegi, Gedung N seluas 190 meter persegi dimana gedung ini sekarang berfungsi sebagai tempat kegiatan seni untuk wisatawan dan warga setempat.

Untuk mengenang perjuangan R.A. Kartini yang merupakan pahlawan dan pejuang emansipasi wanita Indonesia, maka pada tahun 1975 Pemerintah Daerah Jepara dan atas usulan wakil rakyat dan bantuan dari Presiden Soeharto, dibangun museum pada tahun 1975 pada masa Bupati Soewarno Djojomardowo S.H. Tepat seabad peringatan R.A. Kartini sejak kelahiran beliau pada tahun 1879 museum ini secara resmi dipublikasikan oleh bupati Jepara  Soedikto S.H pada 21 april. Museum ini dikelola langsung Pemerintah Kabupaten Jepara hingga saat ini.


Harga Tiket Masuk Museum Kartini Jepara Terbaru

Museum RA. Kartini buka setiap hari senin sampai sabtu pukul 08:00 pagi hingga 05:00 sore dan untuk hari minggu buka pukul 09:00  sampai 17.00 WIB. Setiap pengunjung yang ingin memasuki Museum RA. Kartini pada hari Senin sampai Jumat akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 4.000 untuk dewasa dan Rp 2.000 untuk anak – anak.

Museum Kartini merupakan tempat penyimpanan benda-benda peninggalan R.A. Kartini semasa hidupnya serta benda peninggalan kakaknya yaitu RMP Sosrokartono. Selain itu juga menyimpan benda-benda kuno hasil temuan di wilayah Kabupaten Jepara. Pembagian ruang koleksi atau bagian gedung dibagi menjadi empat ruangan:

Ruang badan K

Di gunakan yang menyajikan koleksi – koleksi peninggalan R.A. Kartini berupa benda - benda serta foto – foto perjalanan hidup  beliau.

Ruang kaki K atas

Bagian kaki atas berisi koleksi benda – benda peninggalan RMP Sosrokartono.

Ruang kaki K bawah

Kaki bagian bawah menampilkan benda – benda yang bernilai sejarah dan purbakala yang ditemukan di wilayah Jepara, antara lain arkeologi, keramik, dan peninggalan bersejarah lainnya. Di bagian ini juga menampilkan beberapa kerajinan Jepara yang terkenal antara lain ukiran kayu, batik troso, keramik, anyaman bambu dan rotan.

Harga Tiket Masuk Museum Kartini Jepara Terbaru


Pada ruangan gedung T ini berisi tulang ikan raksasa yang di sebut Joko Tuwo dengan panjang kurang lebih 16 meter, yang ditemukan di perairan Kepulauan Karimunjawa pada pertengahan bulan April di tahun 1989. Dan pada bagian gedung N di gunakan untuk gedung kesenian daerah Jawa tengah.

Demikian sedikit info harga tiket masuk museum Kartini Jepara yang jangan sampai kelewatan ketika mengunjungi kota Jepara. Semoga bermanfaat

0 Response to "Harga Tiket Masuk Museum Kartini Jepara Terbaru"

Post a Comment